Monday, April 22, 2013

Orang Gunung Jadi Gubernur Tidak Injak Orang Lain

JAYAPURA,  — Adanya isu yang dihembuskan sekelompok orang atau kelompok belakangan ini bahwa kalau orang Gunung menjadi Gubernur  akan menginjak-injak orang lain. Hembusan itu ditepis Bupati Kabupaten Pegunungan Bintang, Drs,Welington Lod Wenda,M.Si .
Kepada penulis, belum lama ini  di Jayapura,  Wenda yang sampai saat ini masih menjabat sebagai Bupati Kabupaten Pegunungan Bintang membeberkan  tindak kekerasan yang saat ini mengganggu kehidupan masyarakat Papua itu yang  identik disebut-sebut  dilakukan oleh orang  gunung.
Welington Wenda dengan tegas bahwa hal itu sama sekali tidak benar, dan sangat keliru  dan kalau memang  ada maka dirinya sebagai orang tua di wilayah Pegunungan Tengah Papua meminta maaf  kepada  keluarga besar Papua, baik yang ada di pesisir pantai dan saudra yang datang dari luar Papua. 
Dikatakannya, orang gunung tidak ambisi jabatan. Orang gunung terbuka untuk semua yang ada di Tanah Papua, apakah asli Papua atau imigran dari luar Tanah Papua. “ Saya kasih contoh. Lihat di Pegunungan Bintang, masyarakat di sana dan tanya kepada mereka. Masyarakat di Pegunungan Bintang  sampai saat ini hidupnya rukun, damai, saling tolong-menolong, menghargai satu sama yang lain. Jangan buat issue miring yang tidak bermakna itu bahkan isu itu dapat meniptakan konflik antara sesama orang asli Papua,” katanya berang.
Dirinya berharap kepada semua komponen bangsa untuk membuka hati dan telinga dan tidak terpengaruh dengan isu-isu murahan yang sengaja diciptakan untuk merusak tatanan kehidupan di Papua karena orang asli itu tau adat. Hidup rukun, kasih, setia dan saying-menyayangi satu sama lain. “Orang gunung itu baik. Jangan karena kepentingan sesaat buat issue yang tidak jelas malah bikin rusak,” katanya mengingatkan. (krist)


0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com